Friday 29 January 2016

Beberapa Hal yang Kamu Lakukan dan Rasakan Ketika Kamu Nganggur

Sebagai part-time unemployee, kali ini gw mau nulis tentang betapa nganggur itu ada sisi positif dan negatifnya. Gw sendiri emang lagi nganggur karena masih galauin antara karir dan studi. Nah, apa aja sih yang kamu lakuin dan rasain ketika nganggur? Yuk cus…
1. Nggak punya teman untuk jalan-jalan di siang hari pada hari kerja. Nah ini nih berasa banget nih. Teman-teman pada kerja. Mostly kerja kantoran. Dan mereka mana bisa diajakin jalan-jalan di siang hari, yang ada malah gw disangka lagi nyetanin mereka.
2. Berasa jadi pembantu di rumah. Untuk ‘membunuh sepi’ yang lo rasakan, biasanya lo akan melakukan pekerjaan rumah seperti nyuci, nyapu, ngepel, dsb. Gw sendiri jadi sering masak di rumah. Ya itung-itung bantuin pembantu gw di rumah lah.
3. Lo akan jadi lebih hemat. Karena akhirnya lo akan jadi jarang keluar rumah dan jarang makan di luar. Ya walaupun kalo gw mah tetep aja makan di luar kalo emang lagi pengen :P
4. Lo akan sering menghabiskan waktu dengan browsing, mainan candy crush, nonton tv, dan tidur. Sumpah ini gw banget! Pagi nonton tv (berita), lalu mainan candy crush, lalu browsing hal-hal random, kemudian lanjut tidur lagi. Inilah sebabnya kenapa gw udah di level 500an di candy crush. Karena gw nggak ada kerjaan! Kalo main candy crush dapet duit, sekarang gw udah ga di Indonesia, kayaknya :(
5.Lo jadi kalong! Karena lo akan sering tidur siang dan akhirnya lo akan terjaga di malam hari. Gw malah lebih parah, bisa sampe nggak tidur sama sekali! Dan alhasil kalo gw udah nggak berhasil tidur padahal udah nyoba merem, akhirnya gw ke warkop, bawa iPad, buka pinterest, dan ngopi (atau ngeteh)
6. Lo akan lebih sering menghabiskan waktu bersama keluarga. Perbedaan mendasar ketik gw kerja dan ga kerja adalah: ketika gw kerja, gw jarang ketemu keluarga. Karena gw pergi pagi dan gw doyan ngelembur (kecuali ada temen yang ngajakin jalan sepulang kerja) dan hal ini mengakibatkan gw jarng peduli dengan keponakan gw yang tinggal bersama gw. Nah ketika gw nganggur ini, gw malah jadi sering menghabiskan waktu bersama keponakan gw. Keponakan gw pun ketika pulang sekolah pasti langsung ke kamar gw dan ngajakin gw main. Kadang ketika gw lagi tidur siang juga dia langsung ke kamar gw, bangunin gw, dan ngajakin gw main badminton. Dan ketika gw kerja, ponakan gw sering nge line gw dan sering bilang kangen. Sekarang ketika gw nganggur, boro-boro deh. Ga ada lagi kata kangen!
7. Lo tengsin kalo ditanya kerjaan lo apaan. Gw paling males kalo ditanya, “kerja dimana?” dan akhirnya gw akan ngeles dan bilang kalo gw adalah part time writer. Writer? Writer apaan? Writer blog laaah hahaha :P
8. Teman lo akan mikir beberapa kali ketika mau ngajakin lo travelling. Lo akan disangka nggak punya duit dan sebagainya. Sumpah ini menyebalkan banget! Padahal gw ga kerja juga masih punya duit. Masih bisa seneng-seneng. Sumpah teman-teman yang kayak gini ngeselin banget.
9. Lo paling ngebet kalo ada acara jobfair! Nah ini diaaa. Gw udah mulai jadi ‘banci jobfair’ sejak gw jadi pengangguran. Resume gw udah gw siapin banyaaak banget dan kalo ada jobfair, gw ga perlu kelabakan ngeprint lagi. Map juga udah banyak. Pokoknya udah prepare banget deh!
10. Teman-teman dan relasi lo akan ngasih referensi kerjaan ke lo. Nah yang ini nih bener banget. Bahkan gw sampe dikasih beberapa channel orang-orang yang ‘punya jabatan’, bahkan gw sampe kenal direktur utama beberapa perusahaan! Tapi kalo emang masih niat menikmati hidup ya menikmati hidup laaah haha :D
11. Lo makin sering melakukan hal random. Lo bayangin aja, gw malah jadi makin sering mainan dating site. Kurang random apa lagi??? Dan kalo ditanya “kerja dimana ngel?” pasti gw bete. Dan tetep aja, gw akan bilang kalo kerjaan gw adalah part-time writer :P
12. Buat anak kosan, mungkin kalian akan punya catatan hutang di warung. Kalo yang ini sih bukan pengalaman gw, tapi pengalaman teman gw. Katanya lunasinnya ntar aja, tunggu gaji pertama. Duh.
13. Kalian akan bersahabat dengan indomie dan warteg. Yang ini juga biasanya dialami oleh anak kostan. Tapi gw sih mau nganggur atau nggak, ketika gw ngekos tuh gw pasti punya special relationship sama warteg! Ya mau gimana lagi, makan nasi yang enak dan banyak lauk cuma warteg (atau warsun) doang sih :( kadang kan males juga makan ayam bakar, pecel ayam, sate, mie tektek, nasi goreng, ketoprak, gado-gado, dsb. Beda halnya dengan warteg yang menunya beragam. Tapi gw tetep milih-milih warteg, karena banyak banget warteg yang ga higienis!

Sekian ‘beberapa hal yang kamu lakukan dan rasakan ketika kamu nganggur’ menurut versi dan pengalaman gw dan beberapa temen gw. Ada yang merasakan hal yang sama? :P

No comments:

Post a Comment