Wednesday, 16 March 2016

Jamu Kunyit Asam - Doyan Atau Cari Khasiatnya?

Jadi, Angel ini adalah cewek yang doyan minum jamu! Bayangin, dulu waktu ngekost punya langganan jamu sendiri, dan di rumah pun punya langganan jamu juga. Dan aku tuh paling seneng kalo minum jamu kunyit asem! Kenapa? Karena banyak banget khasiatnya. Nah di postingan kali ini aku mau ngomongin tentang manfaat jamu kunyit asam.
Nggak semua orang suka minum jamu. Kebanyakan orang keburu berpikiran negatif mengenai rasa jamu tradisional Indonesia! Padahal, kalau sudah terbiasa minum jamu, rasanya lambat laun jadi enak dan manfaatnya jadi berasa lho! Apa aja tuh manfaatnya? Ini dia: 
1. Menetralkan Racun Kimia (detoksifikasi). Kunyit asam bisa membantu proses pengeluaran racun yang ada di dalam tubuh akibat dari kelebihan mengkonsumsi obat kimia. Katanya sih senyawa didalam kunyit bisa membantu mengeluarkan racun itu di dalam tubuh sehingga tubuh kita akan lebih sehat.
2. Mengontrol berat badan. Katanya kalo suka minum jamu kunyit asam bisa membantu untuk mengontrol nafsu makan. Dengan begitu kita nggak akan makan secara berlebihan (walaupun itu tergantung orangnya juga sih. Kalo doyan makan ya doyan makan aja hehe)
3. Mengatasi Beberapa Infeksi.  Anti bakteri yang terkandung pada kunyit mampu membunuh bakteri yang menyebabkan infeksi, misalnya infeksi pada tenggorokan, infeksi karena luka bakar, cedera dan terbakar karena terkena radiasi matahari yang terlalu berlebihan, dll. Hal itu bisa diatasi dengan cara mengkonsumsi air kunyit asam. Ini di karenakan kunyit memiliki sifat antiinflamasi (anti radang).
4. Siklus darah saat haid menjadi lebih lancar. Nih, yang ini bener banget! Bagus deh makanya buat dikonsumsi oara wanita, apalagi kalau dicampur sirih. Terbukti banget kok! Aku udah ngebuktiin sendiri. Udah gitu bagus buat kewanitaan. Makanya aku nggak pernah keputihan. Mungkin salah satu alasannya adalah karena si jamu kunyit asam ini.
5. Warna kulit menjadi lebih cerah dan bersih. Kok bisa? Karena kunyit mampu menetralisir racun di dalam tubuh, kayak yang aku sebutin di poin nomor 1. Kalo badan kita bersih dari racun, maka akan berdampak positif ke kulit kita. Dengan begitu, kulit kita jadi sehat dan bersih juga dari kotoran. Makanya jangan heran kalo aku hampir nggak pernah berjerawat. Aku nggak perlu ke dokter kulit atau suntik vitamin C karena kunyit asam aja udah cukup buatku. 
6. Mengurangi lemak di dalam tubuh. Nah katanya kandungan curcumin dalam kunyit bisa mengurangi lemak yang terdapat pada tubuh, sekaligus bisa mengendalikan berat badan. Kalo kalian lagi diet, minum jamu kunyit asam juga deh! Dijamin nggak bakalan nyesel!
7.Memperlambat Proses Penuaan. Kadungan antioksidan pada jamu kunyit asam ini bisa membantu dalam proses peremajaan kulit sehingga sel kulit menjadi segar kembali. Inget, peremajaan kulit ya. Bukan peremajaan muka! Soalnya muka aku selalu keliatan lebih tua sih hehe.
Itu kalo kata orang jaman dulu lho ya. Mau percaya atau nggak ya terserah. Yang pasti aku cinta jamu kunyit asam!
Cheers! (ini tanganku dan tangannya Uci)

1 comment: