Friday 8 April 2016

Melihara Kucing = Punya Anak!

Setelah sekian minggu bersama Ophelia (baca: Ovilia, panggilannya Ovi), dan sekian minggu berbagi suka dan duka bersama Ophelia, akhirnya gw sadar akan satu hal: punya kucing itu rasanya kayak punya anak!

Kenapa?

1. Kalian tau kan, anak bayi itu kadang suka nangis malem-malem? Nah, kalo si bayi ngebangunin manusia dengan cara nangis, tapi kucing ngebangunin kita dengan cara meong-meong atau bahkan jalan-jalan diatas badan! Rutinitas Ophelia adalah bangunin gw pada pukul 3 dini hari! Kalo nggak meong-meong, kadang jalan-jalan diatas badan. Dan hal paling nyebelinnya kalo Ophelia ternyata lagi mainin jempol kaki gw! Beberapa kali gw terbangun karena jempol kaki gw digigit sama makhluk lucu satu itu layaknya dia lagi main sama mainan kucing. Buset...

2. Jadi rajin sharing dan caritau mengenai kucing! Sama halnya kayak temen-temen gw yang mahmud abas (mamah muda anak baru satu) yang pada rajin caritau ini itu mengenai baby, gw juga nyaritau ini itu mengenai kucing. Gimana cara mandiin kucing? Gimana cara ngelatih kucing? Makanan apa yang bagus untuk kucing? Semuanya gw caritau, gw ingat, dan gw terapkan di kehidupan gw bersama Ophelia.

3. Ketika anak sakit, khawatirnya sama kayak ketika kucing sakit. Nah, ini nih yang paling berasa! Kemarin, ketika Ophelia mencret dan didiagnosa cacingan (yang ternyata karena Ophelia dilepas di teras rumah, dimana teras rumah gw suka dijadikan "tempat buat numpang tidur" oleh kucing liar, dan ternyata itu bikin Ophelia cacingan), gw jadi stress sendiri bahkan sempet nangis-nangis! Sumpah, gw beneran nangis, karena ternyata ketika kucing mencret itu dia ngerasa menderita. Gw sampe nangis ketika ngeliat Ophelia pup! Nyaris gila lah gw ini...

4. Ngegendong Ophelia udah kayak ngegendong anak bayi. Gw beneran ngegendong dia dengan penuh rasa sayang, sambil elus-elus kepalanya. Nggak pernah gw ngegendong dia dengan kasar. Pokoknya gw bikin Ophelia senyaman mungkin kalo digendong. Kalo dia lagi nggak mau dielus, gw berhenti ngelus. Udah kayak ngegendong anak bayi deh. Bedanya, kalo kucing lagi rewel, dia bisa nyakar-nyakar. Kalo anak bayi, paling cuma nangis doang.

5. Ketika belanja, pasti kebutuhan anak nomor satu. Nah, hal itu juga terjadi pada gw. Gw bisa lebih lama jalan-jalan di Pasar Burung Barito ataupun Pasar Hewan Jatinegara dibandingkan jalan-jalan di hypermart, giant, maupun carrefour! Gw bakalan ke Barito atau Jatinegara, ngeliat barang ini itu, compare harga, lalu beli barang yang dibutuhkan Ophelia! Mulai dari makanannya, pasir kucing, pernak-pernik, sampe obat-obatan buat kucing.

6. Kalo kucing udah tidur, rasanya hidup agak tentram. Sama halnya kayak anak bayi. Kalo si baby udah bobo, rasanya udah tenang, dan sebisa mungkin nggak akan ngebiarin si baby terbangun dari tidurnya. Kalo Ophelia udah tidur, gw berusaha untuk ga mengeluarkan suara yang akan mengagetkan Ophelia dari tidurnya yang kadang kurang ajar (bayangin aja, dia suka menguasai tempat tidur gitu. Tidurnya suka pas di tengah-tengah kasur, padahal dia sendiri juga udah punya tempat tidur sendiri tapi masih aja lebih milih tidur deket gw).

7. Banyak foto kucing di hp! Sama kayak ibu-ibu yang baru punya anak, segala aktivitas anak akan dia foto dan dia rekam. Bahkan diposting ke social media! Sama halnya dengan gw yang suka posting foto Ophelia di Path. Bahkan foto selfie udah berkurang sejak hadirnya Ophelia...

8. Ninggalin kucing di rumah udah kayak ninggalin anak bayi di rumah. Gw yang biasanya betah duduk lama di coffee shop akhirnya suka resah sendiri. Dulu nggak pernah mikirin ini itu kalo mau pergi, sekarang malah mikirin Ophelia melulu. Gimana ceritanya kalo gw pergi keluar kota? Gw pergi meninggalkan rumah selama 9 jam aja bikin dag dig dug terus mikirin Ophelia. Ophelia udah makan belom? Ophelia minumnya banyak nggak? Ophelia pupnya lancar nggak? Duh, bawaannya pengen video call sama Ophelia deh kalo udah ninggalin dia sendirian di rumah. Seandainya ada daycare untuk kucing dengan harga yang murah...

Sebenernya jadi catmom secara nggak langsung ngajarin gw untuk jadi ibu yang baik untuk anak gw kelak. Dengan bersabarnya gw dalam melatih anak kucing, secara ga langsung kesabaran gw untuk mendidik anak juga semakin terbentuk. Anak kucing yang gw adopsi aja gw sayang setengah mati, gimana anak gw nanti? *wahai calon suami di masa depan, ingatlah hal ini!*

Salam dari Ophelia yang lagi bobo...

Meow!

No comments:

Post a Comment