Monday 18 July 2016

Random Facts About Me (Part 1)

Setelah kemarin jalan sama Dipta, temen gw, ngalor ngidul karaokean berduaan dan ngebeer ngomongin hal-hal random dan absurd, terutama pengalaman hidup gw (yang random dan absurd juga), akhirnya gw kepikiran buat bikin postingan ini.

Gw sadar, hidup gw terlalu random dan absurd. Kadang banyak kebodohan juga di hidup gw. Mulai dari kecil sampai sekarang. Gw juga nggak ngerti sebenernya apa tujuan hidup gw. Nggak ngerti apa maunya. Nggak ngerti kenapa gw bisa begini, Nggak ngerti lah pokoknya.

1. Gw pertama kali ngerokok tahun 2010. Gw inget banget betapa galaunya gw yang mau ditinggal nikah sama pacar gw saat itu. Dia dijodohin, Coba bayangkan! Dia dijodohin! Dan saat itu kita masih pacaran. Emang sih kita beda agama, dan keluarganya dia tuh fanatik banget. Mungkin sejak itu gw makin benci sama orang-orang fanatik. Bayangin, gw yang tadinya udah benci sama kaum fanatik jadi makin benci. Gw inget waktu itu gw bilang sama temen baik gw kalo gw mau nyobain ngerokok soalnya gw kalut banget. Alhasil gw ke warung, beli rokok LA menthol, dan ngerokok di McD daerah Srengseng situ. Tapi gw sempet berhenti waktu kuliah karena pacar baru gw saat itu. Tapi pas putus sama itu orang, gw malah makin parah ngerokoknya. Sampe sering banget gw dikatain cerobong asap. Separah itukah? Mungkin. Tapi berkat doa, usaha, ikhtiar, dan tawakal, akhirnya sekarang gw nggak terlalu banyak ngerokok. Kalo lagi di rumah doang biasanya sebungkus habis dalam 2-3 hari. Gw masih proses buat berhenti sih, soalnya gw sadar ngerokok itu nggak baik buat wanita hamil. Kasian ini anak gw. Kan gw lagi hamil. Hamil tapi dari dulu nggak lahir-lahir. Anaknya berupa lipatan lemak yang tak kunjung hilang :( #jleb #hidupperutbuncit



2. Gw pernah nyobain magic mushrom secara tidak sengaja. Inget! Secara tidak sengaja! Waktu itu gw lagi di kampus. Gw masih aktif-aktifnya di organisasi. Eh salah satu temen gw bawa jus mangga dan nawarin gw. Tapi katanya jangan banyak-banyak. Yaudahlah gw minum cuma sedikit. Tapi abis itu gw nggak tau deh apa yang terjadi. Yang gw inget cuma gw ngerasa seneng dan ketawa melulu. Entah apa yang gw ketawain. Pokoknya absurd. Dan gw baru tau beberapa hari setelahnya kalo jus itu mengandung mushroom. Iya, gw bego. Harusnya dulu nyokap dan kakak gw bilang, "jangan mau kalo dikasih makan minum sama orang lain, termasuk temenmu sendiri." Sayangnya mereka bilangnya, "jangan mau kalo dikasih makan minum sama orang asing." alhasil, gw mau aja dikasih makan minum sama temen gw dan akhirnya sempet ZONK!



3. Waktu SD gw pernah dikejar anjing sampe gw nangis. Awalnya gw nggak takut sama anjing. Tapi entah kenapa pada siang hari yang nggak terik-terik amat itu, gw lagi main kejar-kejaran sama temen-temen gw, tapi gw malah dikejar seekor anjing kampung. Padahal anjingnya nggak gw ajak main kejar-kejaran. Kenapa, njing? KENAPA? Kalo mau diajak main tuh bilang, jangan malah ikutan lari. Apalagi gw yang dijadiin sasaran. Ampun lah. Gw inget hari itu akhirnya gw terpojok dan si anjing dengan muka yang sangat riang menggonggong di depan gw. Dan gw malah nangis, karena gw pikir bakalan dimakan sama si anjing. Tolol emang. Kayak anjingnya doyan aja makan daging gw yang alot.



4. Kepala gw dijahit waktu masih TK. Jadi waktu itu, gw lagi main banteng-bantengan sama temen gw. Waktu TK tuh badan gw kecil banget, termasuk yang paling pendek di kelas (beda banget sama gw yang sekarang tingginya 173cm). Mungkin karena badan gw yang sangat kecil makanya pas gw lagi main benteng-bentengan, kepala gw kesenggol pantat seorang babysitter (yang tidak diketahui identitasnya). Kepala gw kena pagar, dan langsung bocor. Gw masih inget waktu itu gw nangis, kepala gw berdarah banyak banget. Pak Aseli, karyawan TK di sekolah gw langsung ngegendong gw. Gw dilariin ke RS, dan kepala gw harus dijahit. Gw inget betapa takutnya gw saat tu, sampe gw ngeliat Elis (salah satu kakak gw) mukanya udah kayak jarum. Kebayang nggak tuh, badan manusia tapi kepala bentuk jarum? Sebenernya gw sedih karena akhir tahun 2015 Pak Aseli meninggal. Beliau orang yang baik. Bahkan sampai gw SMP, dia masih inget sama gw. Mungkin kalo beliau saat itu nggak langsung ngegotong gw, gw mati kehabisan darah di sekolah. Terus masuk koran dengan tajuk "Seorang Murid TK Berusia 4 Tahun Meninggal Kehabisan Darah Karena Kesenggol Pantat Babysitter" kan konyol banget itu :(



5. Gw baru sadar kalo gw punya hobi yang menarik sejak kecil. Apa tuh? Kabur dari rumah! Sejak TK sepertinya gw punya mental pecundang. Waktu TK, hanya karena gw rebutan channel TV sama almarhum bokap, gw langsung lari ke kamar, masukin boneka-boneka gw ke tas besar dan masukin beberapa baju gw ke tas itu. Gw nangis dan pas ditanya kakak gw, gw bilang kalo gw mau kabur dari rumah. Pas ditanya mau kabur kemana, gw dengan bodohnya bilang kalo gw nggak tau. Ternyata hal itu jadi kebiasaan gw sampe sekarang. Kalo ada konflik di rumah pasti bawaannya kabur. Masalah pulang atau nggak ya belakangan. Kostannya Uci (sahabat gw) adalah tujuan nomor satu. Kadang malah gw nginep di hotel udah kayak orang tolol. Untung yang biasanya kena razia itu pasangan mesum atau narkoba di hotel. Coba kalo orang kabur dari rumah dan nginep di hotel sendirian juga termasuk daftar target razia? Dipastikan mungkin gw bakal kena berkali-kali. Edan? Iya. Absurd? Apalagi.



6. Mirip kejadian mushroom di poin nomor 2. Tapi kali ini karena kecubung. Lucunya, kejadian itu terjadi sekitar tahun 2012 kalo nggak salah dan gw baru tau di tahun 2016 waktu gw lagi main di kampus dan nongkrong bareng temen-temen gw. Pas ngomongin masalah narkoba (karena gw pengen kerja di BNN haha!), salah satu temen gw ngomongin kecubung karena kecubung katanya belum dikategorikan sebagai narkoba. Pas nanya-nanya soal kecubung, temen gw (yang nggak perlu disebutkan namanya itu) bilang kalo gw sebenernya pernah nyoba kecubung. Katanya, "inget nggak dulu lu pas di sekret gw pernah gw tawarin martabak abis itu lu pusing-pusing? Itu kan martabaknya gw kasih kecubung." Dan gw nggak tau harus marah sama tuh anak atau gimana. Yang pasti dia pernah memberikan gw pengalaman yang nggak enak. Untung gw nggak jadi gila gara-gara kecubung! Kata Dipta, kecubung bisa bikin gila soalnya. Entahlah. Tapi gw sebenernya udah gila juga sih, tanpa kecubung pun gw udah gila kok...



7. Gw ini punya love-hate relationship sama espresso dan kopi hitam. Dari jaman sekolah gw suka banget sama kopi. Pas kuliah gw tergila-gila sama espresso. Sayangnya espresso selalu bikin lambung gw sakit dan beberapa kali bikin cairan asam lambung gw naik, bahkan kadang muntah dan muntahnya nggak enak (katanya itu cairan asam lambung gw yang keluar). Alhasil gw harus putus hubungan sama segala jenis kopi. Apalagi gw pernah sampe pendarahan lambung karena GALAU. Gw itu kalo galau pasti nggak bagus. Pola makan jadi nggak teratur, udah gitu larinya ke alkohol. Makanya nggak heran kalo lambung gw sampe pendarahan. Terimakasih para mantan, dan terimakasih buat diri gw sendiri yang terlalu nodoh. Putus dikit langsung nyari alkohol. Tolol emang. Ini lambung kalo bisa ngomong pasti udah ngebego-begoin gw banget deh.



8. Gw agnostik sejak SMP. Gw anti banget sama dogma agama. Apalah arti sebuah agama bagi gw? Bagi gw, agama itu yang bikin kita terkotak-kotakkan. Paling males gw kalo nemu orang fanatik. Situ pernah pelajarin semua agama nggak? Kalo gw sih dari SMA emang udah mencoba mencaritau semua agama. Karena gw nggak suka sama orang-orang yang fanatik, akhirnya gw jadi mempelajrai semua agama. Sampe kepercayaannya orang Jepang (yang katanya Shinto itu) pun gw caritau waktu gw lagi makan di Akira Back sama Nabe, salah satu temen gw dari Jepang yang kerja di Jakarta. Semua aliran dalam agama pun gw caritau. Makanya gw paling benci sama orang yang menganggap agamanya paling bener. Kalo nabi gw Thom Yorke, gimana? Agama itu kan hasil bikinan manusia juga. Nabi itu kan manusia juga. Tapi yang pasti gw percaya Tuhan, sang supreme being. Gw percaya ada Tuhan. Tapi gw anti agama. yang pasti there is no religion higher than truth. Yup, gw emang sejak kuliah banyak baca bukunya CW Leadbeater dan Blavatsky. Maklum aja.



9. Sebenernya gw pengen jadi jaksa. Sayangnya almarhumah nyokap gw nggak setuju sama sekali. Takut gw dibunuh, katanya. Sebagai orang yang beberapa kali nyaris mati tapi nggak mati-mati, gw rasa nyokap gw nggak perlu takut. Gw ini sebelas-duabelas sama Hitler. Matinya nyaris melulu. Tapi tetep gagal mati. Karena nyokap nggak setuju, akhirnya gw batal ambil jurusan hukum pidana. Akhirnya gw bilang sama nyokap kalo gw mau kuliah psikologi, karena sejak SD kelas 6 gw suka baca buku yang berbau psikologi. Terimakasih, Malcolm Gladwell. Blink adalah buku pertama mengenai psikologi yang gw baca. Sejak baca buku itu, gw jadi seneng baca buku mengenai psikologi. Bahakn gw juga suka baca mengenai orang yang berkepribadian ganda maupun skizofren. Tapi nyokap gw malah bilang, "kamu kalo kuliah psikologi mau jadi subjek apa objeknya?" padahal sebenernya gw mau sekalian berobat jalan. Akhirnya nggak boleh ambil psikologi (dan gw nyesel! Padahal gw bisa kerja bagian HRD tuh kalo gw kuliah psikologi! HRD kan enak!) Udah gitu gw masih bingung mau kuliah apa. Akhirnya gw bilang kalo gw mau kuliah filsafat. Makin nggak boleh! Nyokap gw takut gw makin gila dan nggak punya agama. Alhasil nggak jadi deh. Terus gw bilang kalo gw mau kuliah musik, tapi nyokap gw dari dulu nggak mau gw jadi musisi. Entah apa maksudnya itu dia ngursusin gw piano dari kecil kalo nggak mau gw jadi musisi. Padahal gw pengen banget jadi musisi. Tapi karena nggak ada dukungan dari orangtua, daripada kualat, mending gw mundur. Lalu gw kepikiran buat masuk kedokteran karena kakak gw dokter dan kerjaannya enak, sibuk gitu, sering ditelponin dari RS lalu bilang "kasih adhhajsdb aja dosisnya sekian tiap sekian jam sekali" dan bla bla bla. Kadang juga dia langsung cabut ke RS. Keren lah di mata gw. Tapi nggak boleh karena takut gw gagal dan kuliah kedokteran itu mahaaal banget! Akhirnya nyokap gw merekomendasikan gw untuk kuliah sastra inggris karena nilai bahasa inggris gw nggak pernah jelek sejak SD dan gw nggak pernah canggung untuk ngobrol sama temen-temen kakak gw yang londo-londo itu sejak gw kecil. Tapi gw yakin pasti bakalan boring! Alhasil nyasar lah gw ke HI alias hubungan internasional. SOSPOL MEEENNN!!! Aneh bener nyokap gw. Gw nggak boleh ambil hukum tapi boleh ambil sospol. Dan beginilah gw, nggak ada niatan mau kerja di Deplu padahal kuliahnya HI. Gw malah sekarang pengen jadi chef gara-gara gw suka masak. Gw sampe sekarang sebenernya nggak tau rencana karir gw, karena rencana gw nggak pernah didukung. Jadi yasudahlah.



10. Gw jadi korban bully selama bertahun-tahun di sekolah. Mungkin itu salah satu hal yang bikin gw jadi absurd kayak gini. Sejak SD sampe SMP gw jadi korban bully, dan yang namanya physical abuse dan mental abuse itu udah jadi 'makanan' gw saat itu. Sayangnya, guru-guru nggak banyak yang peka. Makanya sejak SD gw paling ngerasa 'aman' di perpustakaan. Temen gw yang paling setia sejak gw kecil adalah buku. Kadang gw pengen jadi guru BP (atau BK kalo jaman sekarang) supaya gw bisa menangani masalah bullying. Karena anak yang dibully biasanya jarang lapor/ngadu ke guru dan orangtua. Biasanya mereka simpan sendiri. Dulu gw sampe sering nggak mau masuk sekolah karena gw takut diapa-apain sama temen gw. Tapi nyokap gw bilang kalo gw pemalas. Guru gw juga bilang kalo gw itu pinter tapi pemalas! Gw mau belajar, tapi gw nggak mau belajar di kelas. Gw paling benci sama yang namanya tugas kelompok. Gw paling benci sama study tour. Kejadian kaki gw disengkat temen gw waktu SD adalah pemicu bullying yang gw hadapi. Sejak kecil, gw sering kepikiran untuk bunuh diri. Bodoh? Iya. Tapi coba kalo lo yang ngerasain sejak SD kelas 3 dibully. Gw dibully secara fisik, verbal, dan relasional. Untung gw generasi 90an. Coba kalo gw termasuk generasi anak sekarang? Nggak kebayang deh, pasti gw dibully di internet juga. Untung dulu masih jaman pager, jadi gw nggak perlu takut dibully lewat sms juga. Pokoknya masa-masa SD sampe SMP adalah masa yang kelam. Padahal waktu SD kelas 1 sampe 3 gw selalu ranking, dan pasti masuk peringkat 10 besar. Sejak gw suka dibully, prestasi gw menurun. Pokoknya drastis banget. Gw jadi nggak percaya diri. Di rumah juga gw jadi emosional. Sebenernya ini juga salah satu hal yang melatarbelakangi gw kenapa gw pengen kuliah jurusan psikologi sih. Namun apa daya, nyokap nggak setuju.



11. Gw pernah ngalamin berada di dua tempat dalam waktu yang sama. Gw ngalamin ini waktu SD, saat jam istirahat. Gw ngerasa pikiran gw kepecah. Yang satu ke kantin sama temen gw (gw lupa ke kantin sama Josephine atau Kathy) buat beli lumpia dan yang satu lagi ada di kelas, lagi nyoret papan tulis dari ujung ke ujung. Gw bener-bener ngerasa kalo gw berada di kantin dan di kelas. Pas bel bunyi dan guru gw masuk ke kelas, guru gw marah-marah karena ada yang nyoret-nyoret papan tulis. Pas ditanya siapa yang nyoret, temen-temen gw bilang kalo gw pelakunya pas istirahat. Tapi beberapa temen gw yang lain bilang kalo gw ada di kantin pas jam istirahat. Dan sampai sekarang itu jadi misteri. Dan setelah sekian tahun, gw tau kalo itu yang dinamakan OOBE alias out of body experience. Dan salah satu alasan kenapa gw suka baca mengenai fisika kuantum modern adalah karena pengalaman gw ini. Sebenernya nggak heran sih, karena eyang gw pun masih ada keturunan keraton dan masih kejawen. Hobinya semedi, suka nyembuhin orang, dan pas beliau meninggal pun ada kejadian yang nggak bisa dilogikakan. Katanya pas beliau meninggal itu anginnya kenceng tapi daun-daun di pohon nggak ada yang gerak. Ayam pun diem nggak bergerak. Aneh lah. Percaya nggak percaya sih. Dan nyokap gw juga masih kejawen. Kejawen murni, tanpa embel-embel 'katolik kejawen' atau 'islam kejawen'. Nyokap gw aja semasa hidupnya masih suka puasa mutih. Sering meditasi. Dan pesan nyokap gw beberapa hari sebelum nyokap gw nggak ada adalah "hidup prihatin, rajin puasa, rajin meditasi, jangan bandel, jangan mabuk-mabukan, jangan banyak maksiat". Sempet gw lakuin apa yang nyokap gw suruh. Tapi malah gw nggak sanggup, karena gw jadi makin 'peka'. Akhirnya nggak gw lanjutin lagi. Menurut gw, "bandel itu nggak apa-apa. Nakal itu juga nggak apa-apa. Yang penting jangan jahat!" Haha. Sesat banget emang hidup gw.



12. Ciri khas gw sejak kuliah adalah eyeliner yang mencolok dengan bentuk cat eye! Ujungnya tajem, lebih tajem daripada lidah-lidah orang yang selalu berusaha menjatuhkan gw hahaha. Jujur aja, gw baru bisa pakai eyeliner waktu kuliah semester 2. Itupun pakenya biasa aja, nggak di cat eye-in gitu. Eh akhirnya pas semester 4, gw jadi bisa ngebentuk cat eye dan jadi keterusan. Akhirnya jadi salah satu ciri khas gw deh. Dan perlu diketahui, dulu itu gw cupu. Pake kacamata yang frame nya tebel, udah gitu nggak paham yang namanya dandan. Pake baju juga seadanya, pake blouse kalo ke kampus biar rapi dan nggak diusir dosen (apalagi dosen pengantar ilmu hukum yang nggak suka ngeliat mahasiswanya pake kaos). Pokoknya dulu itu gw nggak banget! Sampai akhirnya ada tiga malaikat di kostan gw yang bernama Anis, Cella, dan Mayang yang nge make over gw! Mereka yang memperkenalkan gw dengan contact lenses. Mereka yang bikin gw potong rambut, jadi ada poninya dan terlihat lebih seperti wanita tulen. Mereka yang bikin gaya berpakaian gw agak berubah jadi lebih 'cewek'. Intinya mereka yang merubah hidup gw. Sampe akhirnya gw nyaris tidak dikenali. Bahkan dosen gw aja ada yang sampe nggak ngenalin gw! Pas gw bilang kalo gw itu Angel, anak FISIP HI, barulah dia mengenali gw. Bukan main... Dan ternyata kata temen-temen gw softlens itu berpengaruh besar dalam transformasi gw. Bahkan pas minggu lalu gw ketemu Martin, temen lama gw yang dulu suka nonton Gugun Blues Shelter bareng, dia bilang kalo gw emang bener-bener berubah. Ya bayangin aja, kita terakhir ketemu pas gw masih cupu banget. Terus kemarin dia ketemu gw dengan style yang bener-bener beda. Rambut model sidecut, eyelinernya model cat eye, pake skinny jeans, dan suede leather ankle boots warna hitam. Dan dia berkali-kali bilang kalo gw berubah banget. Bahkan pas di jalan pulang pun dia bilang gitu lagi. Bisa gw pastikan kalo perubahan gw cukup signifikan lah.



13. Gw nggak bisa naik sepeda. Eh salah, maksud gw mengendarai sepeda. Kalo naik doang mah bisa, apalagi diboncengin. Dan perlu diperjelas lagi nih, sepeda yang gw maksud adalah sepeda roda dua! Culun? Ah bodo amat. Gw tahun lalu sampe berkali-kali private sama temen gw di Kediri buat belajar naik sepeda tapi hasilnya nihil. Dari kecil sampe sekarang gw nyoba tapi nggak pernah berhasil. Payah sih emang. Oh ya, gw juga pernah nekat belajar bawa motor sama mantan gw (sebut saja si papih, biar ala anak alay). Niat banget lah waktu itu sore-sore ke Pulomas buat belajar bawa motor doang. Itu juga jatuh terus. Bisa kagak, motor lecet iya. Akhirnya gw capek doang, dan si papih pun ikutan capek dan geleng-geleng terus. Mungkin dalem hatinya dia bilang, "wah sialan nih pacar gw kayaknya sekalian mau ngancurin motor gw biar gw nggak bisa ngapelin selingkuhan gw" HAHA! (aduh kok jadi curcol sih, ketauan kan jadinya alesan kenapa gw putus!) Intinya, satu-satunya kendaraan yang bisa gw bawa dengan lancar hanyalah satu : OTOPET. Gw yakin, kalo ada kejurnas otopet pasti gw bisa menang, minimal medali perak. Sejak kecil gw hobi kebut-kebutan pake otopet. Bahkan sekalipun jempol kaki gw bengkak karena nabrak pun gw masih sering kebut-kebutan pake otopet. Mungkin gw terinspirasi oleh teletubbies bewarna merah itu (sebut saja namanya Po). Mungkin karena gw suka warna merah, maka alam bawah sadar gw bikin gw jadi keikutan sama si teletubbies merah itu. Pokoknya gw yakin, gw bisa jadi atlet otopet kalo seandainya ada olahraga cabang otopet. Sayangnya sekarang tinggi gw udah 173, dan kaki gw berukuran 40. Otopet gw yang dulunya gw anggap lumayan besar bagi gw, sekarang malah kayak mainan bayi di mata gw. Otopet gw masih ada sampe sekarang. Di gudang. Warnanya biru tua. Kadang gw kangen banget mainan otopet, apalagi balapan pake otopet berdua sama Olen. Kalo ada yang jual otopet buat orang dewasa dengan harga murah, tolong hubungi saya di nol delapan satu tiga satu delapan tiga tiga erte lima erwe tiga sepuluh nomor rumahku ya. Ditunggu.



Sebenernya masih banyak hal absurd dan random di hidup gw, tapi berhubung ada hal penting yang harus gw kerjakan, jadi sebaiknya dilanjut di part 2. Jangan kapok lah buat baca hal random dan absurd di blog gw ini.

"Karena sejatinya hal-hal random dan absurd lah yang membuat hidup kita jadi berwarna. Salam teguh!" - Mario Super.

No comments:

Post a Comment