Monday 19 September 2016

Panna Cotta with Mango Puree. Yum!

Jadi beberapa hari yang lalu, gw di rumah iseng bikin panna cotta. Apaan sih tuh panna cotta? Jadi panna cotta ini adalah makanan pencuci mulut sejenis pudding dari susu, krim, dan gelatin yang berasal dari Italia.

Berhubung gw nggak beli heavy cream, alhasil gw bikin panna cotta dari susu full cream! (Maaf ya buat para orang itali, mungkin ini sejenis penghinaan bagi kalian)

Jadi, bahan apa yang gw pakai?

Susu full cream merk ultra kurang lebih setengah liter
Agar-agar swallow yang bening (karena gw nggak punya gelatin) kurang lebih 2 sdm
Gula 1 sdm
Garam sejumput (bener-bener sejumput dan dikiiit banget) supaya rasanya nggak terlalu manis

Jadi pertama-tama, panaskan susu full cream. Kalau sudah mulai ada bubble nya, masukin agar, gula, dan garam lalu aduk sampai rata dan tunggu sampai mendidih. Matiin kompor, lalu masukkan ke cetakan. Tunggu 15 menit sampai tidak terlalu panas lalu masukkan kulkas.

Udah gitu doang. Gampang kan? Haha!

Yang bikin panna cotta ini jadi istimewa itu karena mango puree nya. Jadi gw bikin panna cotta itu pagi-pagi. Nah malemnya, tiba-tiba gw dibawain oleh-oleh berupa mangga! Alhasil gw jadi seneng banget karena panna cotta gw bakalan jadi wow. Untuk bikin mango puree nya ini gampang banget! Cuma perlu 1 buah mangga ukuran sedang, air perasan lemon 1 sdt, dan gula 1 sdt.

Cara bikinnya, kupas mangga, potong dadu, lalu masukkan ke saucepan. Abis itu masukkin air perasan lemon dan gula. Aduk-aduk. Abis itu tinggal disaring dan dituang ke atas panna cotta yang tadi udah dibikin.

Dan hasilnya kayak gini:


Simple, sederhana, murah, gampang, dan ENAAAKKK! Yum!

No comments:

Post a Comment